Subscribe:

Kamis, 24 Maret 2011

Telusur goa di kawasan karst dunia

pintu masuk ke kawasan karst
Saat ini tidak banyak orang yang mengetahui adanya kawasan karst dunia di Kabupaten Wonogiri. Tepatnya di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jateng. Jaraknya sekitar 45 km kearah selatan dari Kota wonogiri atau 80 km arah timur jika ditempuh dari kota Yogyakarta. Kawasan Karst atau orang sekitar biasa menyebutnya goa tembus ini juga memiliki sebuah museum karst dunia yang di bangun pada tahun 2007 dan diresmikan pada tanggal 30 Juni 2009 oleh Presiden SBY. 

Goa tembus demikian orang - orang wonogiri banyak menyebutnya merupakan jajaran goa yang berada di bukit - bukit di kawasan karst wonogiri. Sebenarnya goa tembus adalah sebutan salah satu nama goa di bukit kawasan karst, tetapi orang pada umumnya menyebut kawasan karst ini dengan nama goa tembus. Goa - goa ini menyajikan berbagai keunikan tersendiri ada beberapa goa yang terbentuk karena reruntuhan sehingga bentuknnya unik dan ada juga yang terbentuk karena erosi sehingga masih menyisakan stalagnit dan stalagtit di tubuh goa. 

Untuk dapat masuk ke kawasan karst ini, cukup dikenakan biaya tiket sebesar 2rb udah bisa parkir gratis dan jelajah goa lainnya. Di kawasan karst ini  tidak hanya terdapat beberapa tempat yang unik, antara lain goa tembus, goa gilab, goa sodong, goa potro / bunder, goa sapen, goa mrico, museum karst dan pura. 


Jarak antara goa yang satu dengan yang lainnya sangat dekat, paling jauh hanya sekitar 2 km dan dapat ditempuh dengan sepeda motor atau mobil dengan melalui jalan yang sudah beraspal. 


Yang menjadi ikon kawasan karst ini adalah adanya museum karst dunia yang berisikan bermacam - macam batuan alam, gambar - gambar karst, tempat - tempat dengan struktur karst yang unik, masyarakat di kawasan karst, dan berbagai macam hal tentang karst ada di sana.


goa tembus
goa tembus ini dapat langsung kita jumpai saat kita memasuki kawasan ini, karena letaknya dekat dengan pintu masuk. Goa ini disebut goa tembus karena goa ini membelah tubuh bukit, di dalam goa ini kita dapat melihat stalagnit dan stalagtit yang sudah mati tapi masih menyisakan pesonanya yang indah. Suhu udara di dalam goa ini juga terbilang sejuk dan juga tidak lembab, jika puas menelusuri goa ini, kita juga dapat bersantai di gubuk - gubuk kecil di lereng bukit sebelah pintu keluar goa. Bagi temen - temen yang membawa pasangannya tempat ini sangat cocok untuk berduaan.





Goa Gilab

Goa Sodong

Goa Sapen

 goa mrica


goa potro


museum karst

Tidak ada komentar:

Posting Komentar